Pemandangan Langit Malam di Padang Pasir

Saya yakin kebanyakan dari anda hidup di daerah perkotaan. Jika di suatu malam disana ada bintang yang sangat terang, anda pasti akan mudah teralihkan oleh gemerlap cahaya lampu (atau biasa disebut polusi cahaya) disana. Akan tetapi, di padang pasir di Libya, ada sedikit pemandangan yang sedikit asing di mata anda, di mata saya juga. Tunc Tezel, seorang fotografer amatir yang juga seorang mekanik sipil menangkap pemandangan langit yang menakjubkan di kamp Ras Lanuf, Libya.

Meskipun cahaya dilangit seringkali terjadi akibat refleksi bulan atau matahari, cahaya diagonal yang ada disana (dari atas ke kanan) terbentuk dari kombinasi cahaya milyaran bintang-bintang penghuni galaksi Bima Sakti.
Tezel mengambil gambar ini pada tanggal 7 Desember 2010, satu jam setelah matahari tenggelam. Ia berniat untuk mencari tahu rasi apa saja yang sedang muncul malam itu.
‘Objek paling terang adalah Bulan. Merkurius juga terlihat dibawah bulan dan berada sedikit di atas garis horizon.’
‘Ketika langit mulai gelap, galaksi Bima Sakti menjadi terlihat. Muncul dikanan dari barat daya horizon. Terimakasih kepada langit yang bersih malam ini, Cahaya Zodiak dengan mudah muncul di langit malam ini.’

0 komentar:

Posting Komentar